Social Icons

Sabtu, 07 Juni 2014

Puluhan Aktifis Sulawesi Tenggara (Sultra) Suarakan Pembebasan Eva Bande

KENDARI, SUARAKENDARI.COM- Puluhan aktifis di Kendari melakukan aksi solidaritas menyerukan pembebasan Eva Bande yang ditahan atas kasus penutupan jalan kantong produksi petani di Desa Piondo, Kecamatan Toili, Sulawesi Tengah, Jumat (6/6) pagi.
Para aktifis  yang melakukan aksi di alun-alun kota Kendari (MTQ Square) mendesak kejaksaan agung segera membebaskan Eva Bande dan kemudian melakukan proses hukum pada pemilik PT KLS, Murad Husain.
Menurut Kisran Makati, Eksekutif Daerah Walhi Sultra, aktifis yang menggagas aksi Solidaritas Untuk Eva Bande di Kendari, mereka ingin memberi  dukungan pada salah satu aktifis perempuan yang memperjuangkan nasib petani di Kecamatan Toili Kabupaten Banggai tersebut.
Penangkapan  Eva Bande  bermula dari penutupan jalan kantong produksi petani di Desa Piondo, Kecamatan Toili. Jalan yang di lalui oleh petani ke kebun kakao dan persawahan itu katanya, diduga ditutup oleh pihak PT BHP dan PT KLS.
“Ratusan petani yang menggunakan jalan tersebut marah besar, mereka menuntut perusahaan yang menggali lubang sedalam 7 meter dan lebar 4 meter itu agar segera memperbaiki jalan yang mereka lalui,”ungkap Kisran.
Tanggal 26 Mei 2011,  mendatangi kantor PT. KLS. Eva Bande yang datang dikerumunan massa tersebut, meminta agar petani tenang dan jangan terbawa emosi, tetapi karena kemarahan warga yang sudah memuncak kepada perusahaan itu, Eva Bande tak bisa berbuat apa-apa. Akhirnya petani melakukan tindakan merusak karena pihak perusahaan tidak mau memperbaiki jalan yang mereka lubangi. Eva Bande di tuntut melanggar pasal 160 KUHP, melakukan kejahatan di depan penguasa umum. (DEN)

Artikel : LePMIL

0 komentar:

Posting Komentar

 

Contact Us

LEMBAGA PENGEMBANGAN MASYARAKAT PESISIR DAN PEDALAMAN (LePMIL) SULTRA
Jl. Bunga Wijaya Kusuma No. 4 Kelurahan Lahundape, Kecamatan Kendari, Kota Kendari – Sulawesi Tenggara
Telephone / Fax : 0401 3122344.
e-mail : lepmil.sultra@gmail.com, lepmilsoutheastsulawesi@gmail.com


Thank You to Site my Web

this is Blog by LSM LePMIL (Lembaga Pengembangan Masyarakat Pesisir & Pedalaman)